Selasa, 16 April 2013

Evolusi

       Sejarah Evolusi Manusia menjelaskan bahwa sebenarnya manusia bukan berasal dari kera, melainkan antara kera dan manusia memiliki cikal bakal yang sama.Sejarah manusia dimulai dari primata cikal bakal kemudian dalam perkembangannya akan mengalami perubahan dari generasi ke generasi sampai perkembangan yang lebih baik seperti manusia zaman sekarang.
        Darwin (1858) mengajukan 2 teori pokok yaitu spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup sebelumnya, dan evolusi terjadi melalui seleksi alam. Perkembangan tentang teori evolusi sangat menarik untuk diikuti. Darwin berpendapat bahwa berdasarkan pola evolusi bersifat gradual, berdasarkan arah adaptasinya bersifat divergen dan berdasarkan hasilnya sendiri selalu dimulai terbentuknya varian baru. Teori Darwin mengenai pokok – pokok pikiran antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak ada dua individu yang sama,
  2. Setiap populasi berkecenderungan bertambah banyak karena setiap mahluk hidup berkemampuan berkembangbiak,
  3. Untuk perkembangbiakan perlu adanya makanan yang cukup,
  4. Kenyataan menunjukkan bahwa pertambahan populasi tidak berjalan terus menerus.
       Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan dan bertahan hidup yang berbeda-beda. Ada makhluk hidup yang jumlahnya terus berkurang, karena lingkungan sekitar tidak melindunginya dari hewan pemangsa. Selain itu, ada makhluk hidup yang mempunyai keturunan dengan jumlah banyak, sedangkan makhluk hidup lainnya mempunyai keturunan yang sedikit. Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
      Jika makhluk hidup tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, makhluk hidup tersebut dapat punah. Sebagai contoh, jika ayam dipindah ke air lama-kelamaan akan mati karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan berair. Jadi, adaptasi makhluk hidup adalah kemampuan makhluk untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Orang Eskimo mempunyai bentuk tubuh yang pendek dan kekar. Bentuk tersebut menghasilkan perbandingan luas permukaan tubuh terhadap volume tubuh yang kecil. Dengan perbandingan yang kecil itu, panas badan yang hilang dari tubuh dapat dikurangi.

     Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkunganbpenyesuaian inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Adaptasi Morfologi. Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh. Struktur tubuh. atau alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya. Dilakukan oleh mahkluk hidup karena perubahan yang terjadi merupakan perubahan bentuk luar.
  • Gigi hewan karnivora atau pemakan daging beradaptasi menjadi empat gigi taring besar dan runcing untuk menangkap mangsa, serta gigi geraham dengan ujung pemotong yang tajam untuk mencabik-cabik mangsanya.
  • Bentuk kaki yang berbeda-beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya. Berdasarkan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya, bentuk kaki burung dikelompokkan. Bentuk Kaki dan Paruh.

Sumber :
http://budisma.web.id/materi/sma/biologi-kelas-xii/sejarah-evolusi-manusia/
http://www.crayonpedia.org/mw/B._Teori_Evolusi_Darwin_12.2 
http://www.biologisel.com/2013/02/adaptasi-makhluk-hidup.html
http://www.pustakasekolah.com/morfologi-hewan.html#_
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar