Jumat, 12 Oktober 2012

Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)

Sejarah ilmu komputer dimulai jauh sebelum disiplin modern ilmu komputer yang muncul pada abad ke-20, dan mengisyaratkan pada abad-abad sebelumnya. Perkembangan, dari penemuan mekanik dan matematika teori terhadap konsep-konsep modern dan mesin, membentuk bidang akademis utama dan dasar dari industri di seluruh dunia besar.
Menurut Umar (2005) model sistem informasi berbasis komputer (computer based information system-CBIS) telah menjadi suatu pilihan terbaik dalam pengolahan data. Suatu model CBIS sebenarnya mengacu pada evolusi sistem informasi berbasiskan computer yang tahapannya memperlihatkan perkembangan kemajuan teknologi sistem informasi sekaligus pemanfaatannya oleh orang-orang yang berkepentingan.
Konsep penggunaan komputer untuk mendukung sistem informasi manajemen mulai diperkenalkan pada tahun 1964 oleh para pembuat komputer. Konsep SIM (sistem informasi manajeman) menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen.
Bahan terbaru pada perangkat keras, perangkat lunak, database, telekomunikasi, dan internet telah dimasukkan. Contoh baru tentang bagaimana organisasi menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk keuntungan mereka. Telah diperkenalkan pada bagian sistem informasi berbasis komputer untuk memberikan siswa pemahaman yang lebih baik dari komponen-komponen penting. Bagi banyak orang yang tidak sangat akrab dengan komputer dan manajemen, setiap sistem informasi berbasis komputer merupakan suatu MIS.
Usaha awal untuk menerapkan komputer didalam area bisnis difokuskan pada data. Konsep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen ini dikembangkan oleh perusahaan komputer untuk melengkapi peralatan tambahan.
Sebagai sistem informasi berbasis komputer berkembang, mereka menantang konsep tradisional yang tercermin dalam kebijakan hukum dan peraturan. Integrasi teknologi komputer dan komunikasi menciptakan sistem yang batas silang antara bangsa-bangsa, negara, dan organisasi.
Sistem informasi tidak selamanya selalu berkaitan atau berbasis dengan komputer. Hanya saja dengan berkembangnya teknologi terutama komputer maka membuat sistem informasi didukung oleh komputer sehingga sistem Informasi lebih sering disebut sistem informasi berbasis komputer. Sistem informasi berbasis komputer memiliki 6 bagian antara lain: Hardware, Software, Data/Informasi, Prosedur Kerja, Komunikasi dan Orang. Sehingga Sistem Informasi bersifat modifikatif terhadap kebutuhan organisasi.
Prosedur, yakni tata cara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan peraturan dalam menggunakan sistem informasi berbasis komputer. Sistem informasi yang terdiri dari komponen-komponen diatas disebut dengan istilah blok bangunan (building block), yaitu blok masukan (input block) ,blok model (model block), blok keluaran (output block), blok teknologi (technology block), dan blok kendali ( control block). Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain untuk membentuk satu kesatuan dalam mencapai tujuan.
Sistem informasi berbasis komputer dirancang untuk memberikan akses kepada manajer senior untuk informasi yang relevan atau kegiatan manajemennya, mendefinisikan sebagai "sebuah sistem, pelacakan terstruktur otomatis yang beroperasi terus menerus untuk mengikuti perkembangan manajemen.
Sistem Informasi berbasis komputer memiliki arti bahwa komputer mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer didalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.
Computer based information system-CBIS merupakan sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer. Berbasis komputer artinya perancang sistem informasi harus mengerti komputer dan mampu menggunakannya untuk pengolahan informasi karena perancang akan merancang sebuah manajemen sistem informasi yang akan digunakan dengan menggunakan program komputer.
Sistem informasi berbasis computer akan memudahkan control sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan dapat ditekan. Sistem berbasis computer lebih efisien karena dokumentasi akan dilakukan secara otomatis. Suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
Berdasarkan  uraian diatas dapat diberi kesimpulan bahwa sstem informasi berbasis komputer atau CBIS merupakan sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer. Sistem informasi berbasis komputer dirancang untuk memberikan akses kepada manajer senior untuk informasi yang relevan atau kegiatan manajemennya. Sistem Informasi berbasis komputer memiliki arti bahwa komputer mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi.

Sumber :
1. Umar, H. (2002). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Penerbit Gramedia
2. http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_computer_science
3. http://dianaqukecillucu.blogspot.com/2010/05/sistem-informasi-berbasis-komputer.html 
4. Reynolds, G. W. (2009). Principles of Information Systems. USA : Thomson
5. Oz, E. (2008). Management Information Systems. USA : Thomson
6. Superintendent of Document. Computer-based national information systems : technology and public policy issues 
7. http://puputmbul.blogspot.com/2011/02/konsep-sistem-informasi.html 
8. Issues & Trends of Information Technology Management in Contemporary Organizations 9. 9.Laudon, J. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen 2 (ed.10). Jakarta : Penerbit Salemba Empat 
10. http://marshafransisca.blogspot.com/2011/10/pengantar-sistem-informasi-berbasis.html  
 11. http://heyrajut.blogspot.com/2011/11/pengantar-sistem-informasi-berbasis.html 
12. Gaol, L. J. (2010). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Penerbit Grasindo
13. Fatta, A. H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta : Penerbit Andi

14. http://asep-saepudin.blogspot.com/2007/10/cbis-sistem-informasi-berbasis-komputer.html

15. http://deryfirmansyah09.blogspot.com/2011/12/bab-7-sistem-informasi-berbasis.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar